Politeknik Perkeretapian Indonesia (PPI Madiun) Profil Singkat dan Prospek Kerja

Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) satu-satunya sekolah kedinasan perkeretaapian di Indonesia yang berada di Kota Madiun
Dokumentasi Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI)

Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) didirikan pada 2014 dengan nama Akademi Perkeretaapian Indonesia (API). Sekolah kedinasan ini merupakan salah satu sekolah yang bernaung di bawah Kementrian Perhubungan.


PPI menyediakan empat program studi yakni 

  1. Diploma III Teknik Mekanika Perkeretaapian (D-III TMP)

  2. Diploma III Manajemen Transportasi Perkeretaapian (D-III MTP)

  3. Diploma III Teknik Elektro Perkeretaapian (D-III TEP)

  4. Diploma III Teknik Bangunan dan Jalur Perkeretaapian (D-III TBJP)


Untuk dapat menempuh pendidikan, Dulur harus memenuhi persyaratan administratif terlebih dahulu. Salah satunya adalah pendidikan terakhir. PPI mengharuskan calon taruna taruni mereka berasal dari SMA/MA IPA, PAKET C IPA, atau SMK jurusan tertentu disesuaikan oleh jurusan yang akan diambil. Seperti jurusan D III MTP, PPI hanya akan menerima siswa lulusan dari SMK Jurusan Teknologi Konstruksi dan Properti, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Instrumentasi Industri.


Syarat administrasi yang lain adalah Dulur harus berusia maksimal 23 tahun dan minimal 26 tahun. Dulur juga tidak bisa menghiraukan persyaratan nilai yang diambil dari ijazah bagi lulusan tahun sebelumnya dan nilai rapor pada lulusan tahun sesuai tahun penerimaan. Dikarenakan PPI merupakan sekolah kedinasan yang berbasis taruna dan taruni, maka Dulur yang berniat mendaftar harus memiliki tinggi minimal 160 cm untuk laki-laki dan 155 cm untuk perempuan. 


Salah satu yang cukup merepotkan ketika mendaftar sekolah kedinasan ialah banyaknya dokumen yang harus diunggah atau dibawa ketika proses seleksi. Oleh karena itu, Mimin menyarankan Dulur untuk mempersiapkan semua dokumen persyaratan administrasi sebaik mungkin agar dapat lolos dan melalui tahapan seleksi selanjutnya. 


Biaya Kuliah

PPI menerapkan sistem pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) layaknya universitas. Besaran UKT yang harus dibayarkan per semester sekitar 3 juta rupiah. Meskipun termasuk lumrah untuk biaya pendidikan setingkat pendidikan tinggi, namun para taruna taruni setidaknya menghabiskan sekitar 80 hingga 100 juta rupiah. Nominal sebesar itu meliputi keseluruhan biaya mulai dari awal pendidikan hingga akhir. Tentu saja, biaya itu sebanding dengan fasilitas yang diberikan PPI. Pengeluaran yang paling tinggi adalah biaya untuk pengadaan fasilitas praktik, laboratorium, proses belajar mengajar hingga kebutuhan logistik taruna.


Pada awal masuk, Dulur diharuskan membayar sekitar 24 juta rupiah. Biaya itu untuk kelengkapan dan kebutuhan taruna taruni sendiri, seperti seragam dan konsumsi selama tiga bulan. PPI tidak mencantumkan berapa biaya makan yang harus ditanggung taruna taruni setelah tiga bulan pertama tersebut. Namun, Dulur tidak usah berkecil hati. Ada beberapa beasiswa yang bisa Dulur dapatkan, diantaranya adalah beasiswa dari pemerintah berupa pemotongan biaya kuliah sebesar 70%. Pemerintah Kota Madiun juga menyediakan beasiswa untuk 20 taruna/i asal kota Madiun dengan besaran 4,5 juta rupiah per tahun, dengan ketentuan dan syarat tertentu. 


Proses Penerimaan

Setelah lolos seleksi administrasi, calon taruna taruni akan dihadapkan pada tes SKD. Untuk informasi Dulur, pada tiap tahapan tes dikenai biaya masing-masing yang membutuhkan dana sekitar 50 ribu hingga 1,8 juta rupiah per tahapan tesnya. Serta, PPI menerapkan sistem gugur, sehingga apabila Dulur gagal pada tes tahap 1, maka kemungkinan besar tidak bisa melanjutkan di tes tahap 2.


Yang perlu dicermati oleh Dulur adalah bahwa ada beberapa jalur penerimaan di sekolah kedinasan ini. Jalur reguler pola pembibitan saja ada dua macam, yaitu Pola Pembibitan Pemda dan Pola Pembibitan Kemenhub. Perbedaan jalur ini akan menyebabkan taruna taruni memiliki lokasi tempat bekerja yang berbeda pula. PPI juga menyediakan jalur reguler non pola pembibitan, dimana calon taruna taruni tidak akan melalui tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar). Jalur ini dibuka setelah seleksi jalur reguler pola pembibitan telah rampung dilaksanakan.


Sekedar informasi, tes SKD ini diperuntukkan untuk calon taruna taruni yang nantinya ketika lulus akan langsung menjadi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil). 

Setelah melalui tes SKD, calon taruna taruni yang lolos akan mengikuti tes kesehatan dan kesamaptaan. Setelah itu, diadakan psikotes serta wawancara. 


Seperti yang sudah Mimin sebutkan di atas, bahwa Dulur yang berkuliah di sini akan menerima pola pendidikan taruna taruni. Kalian akan diwajibkan untuk memakai seragam kebanggaan kalian di tiap kegiatan perkuliahan. Sebelum resmi menempuh pendidikan, Dulur harus mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Masa Dasar Pembentukan Karakter Taruna Transportasi atau MADATUKAR di Bandung. 


Prospek Kerja

Kenapa Dulur harus daftar di PPI Madiun sih? Ternyata, diperkirakan hingga tahun 2030, Indonesia membutuhkan 101.440 tenaga kerja operator perkeretaapian dan 2.330 untuk kebutuhan tenaga kerja regulator perkeretaapian. Dengan ini, maka jelas lulusan PPI sangat dibutuhkan untuk perkembangan dunia perkeretaapian Indonesia. Dulur masih ragu? Kalau Dulur ingat, Indonesia sering menjadi langganan negara lain untuk memproduksi kereta untuk negara mereka. Sudah ada beberapa negara yang menjadi tujuan ekspor kereta api buatan Indonesia, seperti Bangladesh, Thailand, dan Sri Lanka. Tidak hanya gerbong kereta yang diekspor, namun juga komponen-komponen yang mendukung kinerja kereta tersebut.


Lokasi


PPI hanya ada di Madiun, satu-satunya di Indonesia. Tepatnya, terletak di Jl. Tirta Raya, Sambirejo, Jiwan, Madiun, Jawa Timur. Untuk menuju PPI, Dulur yang berasal dari luar kota bisa menggunakan transportasi umum seperti bis dan kereta api.


Apabila menggunakan bis, Dulur bisa turun di Terminal Purabaya Madiun, atau turun di halte Jiwan. Setelah itu, dulur bisa memesan ojek online agar lebih mudah sampai ke PPI Madiun. Jika menempuh perjalanan melalui kereta api, Dulur sebaiknya turun di Stasiun Madiun. Karena termasuk stasiun besar, hampir seluruh perjalanan kereta yang melintas Jawa, akan berhenti di stasiun ini. Setelah itu, Dulur bisa memesan ojek online yang tersedia 24 jam. Kalau Dulur menggunakan mobil pribadi, bisa keluar dari tol menggunakan exit tol Madiun yang ada di kawasan Dumpil. 


Informasi Kontak

Untuk informasi lebih lanjut, Dulur bisa menghubungi kontak resmi PPI di nomor telepon (0351) 474777, melalui email [email protected] maupun website resmi mereka di www.ppi.ac.id