Paling Dinanti, 6 Event di Madiun Yang Harus Kamu Kunjungi!

Madiun setiap tahunnya memiliki event yang sangat dinanti-nanti. Event yang diadakan dalam rangka memperkenalkan Madiun lebih dalam. Berikut ini dia

Madiun memiliki berbagai berbagai daya tarik yang menjadikannya sebagai salah satu daerah yang membuat masyarakatnya merasa nyaman untuk tinggal di dalamnya. Mulai dari wisata alam maupun buatan, hingga aneka kuliner berbentuk camilan dan makanan berat. Tak sampai disitu, ternyata Madiun juga memiliki berbagai agenda acara yang diselenggarakan untuk menghibur dan menarik antusias warganya. Inilah beberapa event yang harus masuk ke dalam agenda kunjungan kalian.


Foto : Pemerintah Kabupaten Madiun

1. Sepasma (Sepekan Ing Madiun)

Lokasi                     : Kompleks Alun-Alun Caruban

Pelaksanaan            : Pertengahan Bulan Juli        

Sepekan Ing Madiun atau Sepasma adalah agenda tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Madiun sebagai rangkaian dari perayaan hari jadi Kabupaten Madiun tiap tahunnya. Sebagaimana nama dari acara tersebut, Sepasma diadakan selama tujuh hari dan bertempak di kompleks Alun-Alun Reksogati, Mejayan. Pada tahun 2019 pelaksanaan Sepasma diwarnai dengan adanya pasar rakyat yang memberikan kesempatan kepada pengrajin lokal untuk memperkenalkan produk yang telah dibuatnya. Selain itu acara Sepasma 2019 juga dimeriahkan dengan penampilan dari kotak band yang merupakan salah satu grup band yang dikenal luas oleh masyarakat Indonesia.

 

Foto : Infodesanews.com

2. Madioen Tempoe Doeloe

Lokasi                     : Kawasan Bangunan Bosbow

Pelaksanaan            : Bulan Juli

Untuk menyambut peringatan hari jadinya, Pemerintah Kota Madiun mengagendakan acara bertajuk Madioen Tempo Doeloe. Berlangsung selama tiga hari, pengunjung dari acara ini akan diajak untuk menghidupkan cagar budaya yang ada di wilayah Kota Madiun. Pada tahun 2019 acara yang disingkat dengan MTD ini memiliki rangkaian kegiatan yang beragam. Diantaranya pameran barang antik, festival makanan nusantara, pagelaran seni budaya, photobooth, dan masih banyak lagi kegiatan yang terangkum dalam Madioen Tempo Doeloe.

 

Foto : Indonesia Bagus

3. Peceland Chinese New Year

Lokasi                 : Kampung Pecinan Madiun Jalan Batanghari

Pelaksanaan        : Setiap Imlek 

Peceland Chinese New Year, hadir sebagai event baru yang diadakan di wilayah Madiun. Pemerintah Kota Madiun menggagas acara ini agar masyarakat tionghoa di Madiun, tidak merayakan imlek di luar kota maupun di luar negeri. Melalui gebrakan ini, diharapkan akan dapat memberikan nilai lebih untuk menarik minat masyarakat luar daerah untuk berkunjung ke Madiun dan akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat Madiun itu sendiri. Dalam acara Peceland Chinese New Year, disajikan berbagai budaya tionghoa seperti kesenian barongsai, leang leoang, serta pertunjukkan atraksi kungfu cina. Selain itu, juga ada bazar makanan, pakaian, dan pernak-pernik khas tahun baru imlek.

 

Foto : Pemerintah Kota Madiun

4. Festival Seni Pencak Silat Nusantara

Lokasi                  : Alun-Alun Kota Madiun

Pelaksanaan         : Bulan Juli

Kembali dari acara yang diadakan oleh Pemerintah Kota Madiun, kali ini ada Festival Seni Pencak Silat Nusantara. Event ini telah digelar sebanyak dua kali dan mendapatkan respon yang cukup positif dari dunia silat di tanah air. Hal ini ditunjukkan dengan penampilan puluhan grup yang tidak hanya berasal dari Jawa Timur, akan tetapi ada pula grup yang hadir dari kawasan Sumatera, Kalimantan, hingga Sulawesi. Pemerintah Kota Madiun memiliki harapan agar kegiatan Festival Seni Pencak Silat Nusantara di masa yang mendatang, dapat meluaskan jangkuannya agar dapat menghadirkan atlet pencak silat dari mancanegara. Selain itu, juga ada wacana untuk mengadakan kejuaraan saat bulan suro atau muharram.

 

Foto : Pemerintah Kabupaten Madiun

5. Durian Food Festival

Lokasi                  : Bukit Setepong, Desa Segulung, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun

Pelaksanaan         : Sekitar Bulan Januari

Berlokasi di kebun durian Bukit Setepong Desa Segulung, Durian Food Festival harus masuk ke dalam agenda event yang kalian kunjungi. Di tahun 2019, acara yang mengusung tema “Dagangan Asik Berjarik” ini sangat memanjakan para pecinta durian. Bagaimana tidak, hanya dengan membayar Rp100.000,-/orang, maka pengunjung dapat makan durian sepuasnya di salah satu stand yang tersedia pada acara tersebut. Selain itu, ada stand bazar durian yang harganya dimulai dari Rp30.000,- dan masih ada stand yang menjual berbagai olahan berbahan durian.

 

Foto : Info Update Kaum Milenial

6. Bupati Cup Drag Bike

Lokasi                         : Jalan Mayjen Sungkono, Selatan Alun-Alun Caruban

Pelaksanaan                : Bulan Juli

Pada tahun 2019 hari jadi Kabupaten Madiun dimeriahkan dengan adanya perlombaan drag race yang berlokasi di Jalan Mayjen Sungkono atau berada di selatan Alun-Alun Caruban. Acara yang disaksikan langsung oleh Bupati Madiun H. Ahmad Dawami ini, bertujuan untuk kampanye tertib berlalu lintas. Selain itu dengan adanya acara balapan resmi ini, akan dicanangkan rencana untuk pembuatan sirkuit serta penjaringan bibit pebalap daerah agar mengurangi jumlah balapan liar di Kabupaten Madiun.

 

Di tahun 2020, hampir semua agenda acara di atas tidak dapat dilaksanakan akibat dari masih mewabahnya virus Covid-19 di Indonesia. Meskipun begitu, tentunya kita sangat berharap baik di daerah Kota maupun Kabupaten Madiun dapat segera menyelenggarakan event yang menarik bagi warganya setelah wabah ini mereda. Selain itu, semoga kedepannya semakin banyak lagi agenda acara yang dapat kita nikmati dan juga menarik wisatawan agar perekonomian masyarakat Madiun dapat mengalami peningkatan. Menurut kalian event apa lagi yang perlu diadakan di Madiun?