Jalan Pahlawan, Kawasan Ikonik Kota Madiun Yang Diisukan Ganti Nama Lagi

Jalan Pahlawan di Kota Madiun, ternyata telah mengalami beberapa kali pergantian nama di berbagai masa. Apa saja sih namanya?

 

Foto : Lenteratoday.com

Siapa Dulur disini yang nggak tahu dimana Jalan Pahlawan berada? Atau, ada yang belum pernah selfie di trotoar ala-ala Malioboro itu? Angkat tangan deh wkwk, Mimin juga belum pernah nih.

Jalan Pahlawan Kota Madiun menjadi semakin terkenal karena pengubahan yang dilakukan oleh Walikota Madiun, Pak Maidi. Sudah kondang bagi warga Madiun dan sekitarnya, kalau jalan ini menjadi pusat Kota Madiun. Bagaimana tidak? Ada tiga pusat perbelanjaan disana. Belum lagi kehadiran Pizza Hut dan juga adanya Gereja St. Cornelius, menjadikan jalan ini tidak pernah sepi dilewati kendaraan bermotor.

Jelas banyak sekali perbedaan yang kini terlihat. Jalan Pahlawan semakin dipersempit, sebagian lahannya diubah menjadi trotoar yang ditempati lampu jalan dan kursi taman. Apa efeknya? Masyarakat tidak kebingungan mencari tempat untuk duduk, bersantai, melihat lalu lalang kendaraan di depannya.

Memang, rekonstruksi ini menjadi salah satu kiat Pak Maidi untuk membangkitkan sektor wisata di Kota Madiun. Namun ternyata, Jalan Pahlawan bukanlah nama yang ada sejak dahulu. Djalan Raja, disinyalir menjadi nama jalan yang membentang dari utara ke selatan ini, setelah kemerdekaan sebelum akhirnya bernama Pahlawan.

Di era kolonial, jalan ini bernama Residentslaan. Arti penamaan nama ini adalah jalan yang terdapat rumah Residen Madiun, kala itu. Lokasinya adalah yang sekarang ditempati Rumah Dinas Bakorwil Madiun. Ketika pendudukan berganti Jepang, Residentslaan menjadi Djalan Showa. Showa adalah sebutan zaman ketika Kaisar Hirohito berkuasa.

Akhir 2019 lalu Pemerintah Kota Madiun berencana untuk mengubah nama jalan Pahlawan menjadi nama tokoh yang berperan dalam berdirinya Madiun, seperti Ronggo Jumeno, Retno Dumilah, dan Sentot Ali Basyah. Namun, rencana ini perlu dikaji lebih lanjut, karena pengubahan nama tidak semudah membalik telapak tangan Lur.

Lha trus kepiye Min sidane?

Kita tunggu kabar beritanya ya!

Sumber: solopos.com