Inovasi Kopi Aroma Durian Asli Kare Madiun

 

Dokumentasi Pribadi

MADIUN- Bagi kalian yang sudah bosan dengan aroma kopi yang begitu saja, pasti akan sangat tertarik dengan kopi yang satu ini. Kopi ini memiliki aroma yang tidak biasa yaitu memadukan aroma durian dan jahe. Memang sepintas terlihat aneh jika memadukan tiga aroma dalam satu minuman, akan tetapi gebrakan baru ini telah mengatur komposisi ketiga komponen penting sehingga tidak membuat aroma kopi menjadi aneh.

Arsy Nurul Khotimah, warga Desa Kare Kabupaten Madiun telah membuat kopi instan yang tak biasa. Pasalnya dia telah membuat kopi durja yaitu kopi yang beraroma durian dan jahe. Bisnis kopi instan ini mulai dirintisnya sejak 2019 silam. Memang baru berjalan setahun, akan tetapi bisnisnya sudah cukup terkenal di Kabupaten Madiun.

Bahan-bahan dari pembuatan Kopi Durja ini dipanen dari perkebunan yang ada di Daerah Kare. Mulai dari kopi, durian dan jahe pun hasil panen dari petani di Kare. Tujuannya ia ingin menekan biaya pembuatan kopi instan sehingga untuk harga penjualan tidak terlalu mahal dan sesuai kantong orang setempat. Dengan penggunaan hasil panen untuk bahan pembuatan bisnis ini diharapkan dapat menaikkan pendapatan daerah pula.

Penggunaan jahe dalam pembuatan Kopi Durja karena banyak orang-orang yang mengeluh kembung jika meminum kopi. Dengan adanya campuran jahe, orang tidak perlu khawatir jika perut akan terasa kembung setelah mengonsumsi kopi ini. Disamping itu, campuran jahe yang ada di dalamnya sedikit memberi kesan hangat di dalam tubuh seperti efek ketika meminum jahe pada umumnya.

Dokumentasi Pribadi


Pemilihan buah durian sendiri karena aroma buah ini lebih pekat dari buah-buah lainnya. Buah durian juga mudah dijumpai di daerah Kare sehingga mempermudah dalam proses produksi. Banyak kalangan orang yang susah payah menegak kopi hangat dibarengi menyantap buah durian, akan tetapi dengan kopi instan Durja ini orang di luar sana tidak perlu melakukan hal seperti itu. Cukup menyajikan kopi seperti biasanya. Kopi Durja juga telah lolos uji lab sehingga kandungan air dan gula sudah sangat aman untuk dikonsumsi dan dipasarkan. (sella/.../madiunpedia)