Meneruskan Semangat Juang Sumpah Pemuda, Ini Dia 3 Organisasi Pemuda Yang Ada di Madiun!

Organisasi pemuda di Madiun merupakan salah satu manifestasi dari semangat sumpah pemuda di masa kini. Berikut ini ada 3 organisasi pemuda di Madiun.

Foto : Kementerian Pemuda dan Olahraga

Pada tanggal 28 Oktober tahun 1928, Indonesia mendapatkan salah satu momentum terbaik dalam upaya menggapai kemerdekaan. Di tanggal tersebut, para pemuda Indonesia menyatukan tekad dan semangat juang yang dituangkan dalam sumpah yang kita kenal dengan “Sumpah Pemuda”. 92 tahun telah berlalu setelah sumpah tersebut terucap, estafet perjuangan dipegang oleh kawula muda masa kini. Semangat dan tekad untuk menyatukan tekad dan semangat juang agar Indonesia merdeka telah bertransformasi menjadi semangat juang untuk menjadikan Indonesia menjadi negera yang lebih baik dalam berbagai sektor. Salah manifestasi dari perjuangan tersebut adalah adanya organisasi, perkumpulan, pergerakan, maupun komunitas pemuda yang memiliki tujuan untuk memajukan Indonesia. Tentu saja, pemuda Madiun tak tinggal diam untuk berkontribusi. Berikut ini adalah 3 Organisasi Pemuda Yang Ada di Madiun.

Foto : Instagram @madiunmuda

1. Madiun Muda

Madiun Muda merupakan salah satu organisasi yang mewadahi pemuda Madiun untuk berkontribusi bagi Kota maupun Kabupaten Madiun. Organisasi ini mulai bergerak di tahun 2018 yang memiliki tujuan untuk memberikan ruang bagi pemuda Madiun yang tengah merantau maupun yang sedang tinggal di Madiun agar dapat memberikan manfaat untuk kampung halamannya. Melalui akun @madiunmuda, Madiun Muda sering memberikan informasi mengenai seminar dan kegiatan sosial yang ada di kawasan Madiun. Selain itu, Madiun Muda dan beberapa organisasi lain yang ada di Kabupaten Madiun turut mengaspirakan suara rakyat melalui audiensi yang dilakukan dengan pemerintah terkait.

Foto : Instagram @pemudamadiunbergerak.id

2. Pemuda Madiun Bergerak

Pemuda Madiun Bergerak adalah komunitas pemuda Madiun yang bergerak untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat utamanya yang berada di wilayah Madiun. Komunitas ini sering mengunggah informasi  mengenai  pengadaan donasi dan penyalurannya di akun instagramnya @pemudamadiunbergerak.id. Sasaran dari pengadaan program kepedulian sosial yang dilakukan oleh Pemuda Madiun Bergerak adalah untuk memberikan santunan kepada lansia dan fakir miskin, serta membantu pendidikan siswa di daerah pelosok Madiun melalui kelas inspirasi juga aksi berbagi dan peduli pendidikan.

Foto : Instagram @cendekiamembumi

3. Cendekia Membumi

Cendekia Membumi adalah gerakan yang berfokus kepada pengabdian masyarakat di bidang pendidikan. Gerakan yang berdiri di tahun 2017 ini, memberikan kontribusi nyata terhadap pendidikan di wilayah Madiun melalui program Beasiswa Cendekia. Program tersebut merupakan proyek sosial berbentuk bantuan dana pendidikan untuk siswa SMA/Sederajat yang berprestasi dan memiliki kepedulian sosial. Selain itu, terdapat program Cendekia Berbagi yang berfokus pada peningkatan kepedulian sosial anggota Cendekia Membumi dengan pemberian buku, sarana belajar, dan pakaian. Cendekia Membumi juga memiliki program lain bernama Belajar Bersama Cendekia. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan character building bagi adik-adik usia sekolah dasar agar mampu generasi yang siap menjawab tantangan masa depan.

Semangat juang pemuda di era perjuangan kemerdekaan, kini berubah menjadi semangat untuk memperbaiki Indonesia. Pemuda yang memiliki semangat yang tinggi harus mampu saling bahu-membahu agar Indonesia yang lebih baik dapat terwujud. Kerjasama yang ditunjukkan pemuda melalui satu kesatuan organisasi dapat meningkatkan kontribusi dari pemuda dibanding melakukannya sendiri. Oleh karena itu, pemuda Madiun perlu untuk sadar dan turut andil dalam pembangunan Madiun dan Indonesia yang lebih baik melalui kolaborasi dengan pemuda lainnya.