Mokasi, Mobil Listrik Karya Siswa SMK Model PGRI Mejayan

Gambar oleh republika.co.id

MADIUN – Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Model PGRI Mejayan, Madiun, berhasil merakit mobil yang sangat kreatif dan  inovatif. Pasalnya mobil yang mereka ciptakan ini adalah mobil listrik yang  efisien dan pastinya ramah lingkungan.

“Ide mobil pertama kalinya yaitu ingin membuat becak gowes, namun setelah bapak kepala sekolah kembali dari China, beliau menyarankan ide mobil listrik ini,” kata salah satu perakit mobil listrik.

Mobil listrik karya siswa SMK Model PGRI Mejayan ini dijuluki Mokasi atau  Mobil Kampung Pesilat. Mokasi didesain sangat sederhana tidak seperti mobil listik pada umumnya. Hal ini disebabkan pembuatan Mokasi diperuntukkan untuk UMKM ketika berjualan. Diharapkan dengan adanya Mokasi ini UMKM dapat berjualan lebih mudah dan bisa ikut serta mengurangi polusi udara.

Harga mobil listrik tersebut lebih murah dibandingkan harga kendaraan yang biasanya digunakan untuk menunjang pelaku UMKM, seperti kendaraan roda tiga yang harganya bisa mencapai Rp39 juta per unit. Kepala SMK Model PGRI Mejayan, Sampun Hadam, mengatakan biaya produksi Mokasi ini sekitar Rp15 juta. Biaya ini digunakan untuk membeli beberapa komponen penyusun mobil listrik tersebut. Mokasi juga telah melalui uji teknis dan uji beban.

Rencana harga penjualan akan ditekan seminimal mungkin karena tidak ingin memberatkan pelaku UMKM di luar sana. Direncanakan harga dari Mokasi hanya Rp25 juta-an sesuai dengan paket varian. Dengan dibimbing oleh PT Reka Global Jasa, Mokasi menyediakan paket varian mulai dari Mokasi Food, Mokasi Drink, Mokasi Mart, dan Mokasi jasa Engineering dan electrical yang dijual secara franchise. Hal ini telah disesuaikan dengan kebutuhan UMKM yang ada.

Sampai saat ini Mokasi buatan SMK Model PGRI  Mejayan telah diproduksi 18 unit. Setelah mobil tersebut diujikan untuk barber shop dan banyak yang sudah mengenal Mokasi ini, pesanan datang mencapai 186 unit termasuk dari Kalimantan Utara, Sumatera, Bekasi, dan Jakarta. Tempat wisata Candi Prambanan juga telah memesan Mokasi ini. Dengan semakin banyaknya pesanan yang masuk, membuat siswa-siswa SMK Model PGRI Mejayan menjadi lebih semangat merancang dan membuat Mokasi-mokasi yang lain.(sella/.../madiunpedia)