Automatic Dustbin Karya Siswa SMK Muhammadiyah 3 Dolopo

Siswa SMK Muhammadiyah 3 Dolopo berhasil membuat tempat sampah otomatis yang menggunakan teknologi sensor

 

Dokumentasi Pribadi

MADIUN – Sampah lagi-lagi menjadi permasalahan yang berulang-ulang diungkit. Sampah memang tidak ada habisnya dalam kehidupan manusia. Sedari kecil kita sudah diajarkan untuk membuang sampah pada tempatnya. Kebiasaan ini sudah sepatutnya tertanam pada masing-masing individu. Namun masih saja ditemui banyak individu yang lalai dan menghiraukan kebiasaan kecil ini.

Saat ini sudah banyak macam-macam tempat sampah yang beredar di pasaran. Ada tempat sampah yang ketika kita ingin membuang sampah harus membuka terlebih dahulu tutupnya. Ada juga yang hanya perlu ditekan di bagian bawahnya untuk bisa terbuka penutupnya. Tempat sampah yang seperti ini menghindari penggunanya agar tidak menyentuh bagian dari tempat sampah itu.

Namun tempat sampah yang seperti ini sudah biasa. Pemuda Madiun berhasil membuat tempat sampah yang tak kalah inovatif. Para siswa SMK Muhammadiyah 3 Dolopo berhasil menciptakan Automatic Dustbin atau tempat sampah otomatis. Para siswa ini terdiri dari Shadiq, Bowo, Neny, Yana, Rudi, Jefry, dan Bagus. Dalam menciptakan tempat sampah ini, mereka dibimbing oleh seorang guru yang bernama Didik Rediyanto.

Dokumentasi Pribadi

Cara kerja dari alat ini sangat mudah dan efektif. Para pengguna cukup mendekati tempat sampah ini lalu dalam hitungan detik penutup tempat sampah ini akan terbuka. Ketika pengguna sudah selesai membuang sampah dan menjauh dari tempat sampahnya maka secara otomatis penutupnya akan tertutup kembali. Alhasil pengguna tidak perlu memegang bagian tempat sampah ketika ingin membuang sampah.

Tim pengembang juga sangat berharap dengan adanya inovasi automatic dustbin ini, dapat memotivasi putra putri Madiun yang lain agar tetap berinovasi dan mengembangkan peralatan yang sederhana tetapi sangat bermanfaat. Diharapkan juga Madiun bisa menjadi kabupaten pencetus inovasi-inovasi dan bisa memberikan manfaat kepada masyarakat luas. Automatic dustbin ini akan terus dikembangkan alatnya agar bisa dimanfaatkan  oleh masyarakat yang lain.(sella/dhidan/madiunpedia)