Melancong Hingga Ke Korea, Ini Dia Sedotan Ramah Lingkungan Berbahan Bambu Karya Pemuda Madiun

Di tangan pemuda Madiun, bambu berhasil disulap menjadi sedotan yang ramah lingkungan

 

Dokumentasi Pribadi
MADIUN – Kabupaten Madiun kembali dikejutkan oleh salah satu warganya yang berhasil menggebrakkan dunia bisnis. Fahmi Ali Mufti, warga Kebonsari berhasil membuat sedotan yang terbuat dari bambu. Berawal dari diskusi bersama saudara-saudaranya untuk memulai sebuah bisnis. Bisnis ini awalnya hanya diperuntukkan untuk memberdayakan santri di pesantren milik keluarga Fahmi.

Lantaran banyak pohon bambu yang tumbuh subur di lingkungan sekitar, akhirnya muncul ide untuk memanfaatkan bambu tersebut.  Namun sudah banyak di luar sana bambu dimanfaatkan untuk membuat mainan. Alhasil Fahmi dan saudaranya kembali memutar otak dan akhirnya memutuskan untuk memulai bisnis sedotan bambu ini.

Awalnya Fahmi menggunakan bambu biasa untuk membuat sedotannya, namun saudaranya menyarankan untuk menggunakan bambu wuluh. Bambu wuluh ini sering digunakan dalam pembuatan alat musik suling. Setelah sedotan ini jadi, kemudian dia membangun jaringan dengan menceritakan bisnisnya kepada saudaranya yang ada di Surabaya.

Mendengar cerita Fahmi, saudaranya meminta sampel produk yang ia buat untuk dilakukan tes untuk barang ekspor. Setelah barang sampel dikirimkan ke pengekspor, para pengekspor itu mendatangi rumah Fahmi untuk melihat secara langsung. Pengusaha itu melihat potensi yang cukup besar dan mengatakan bahwa sedotan ini sudah masuk kategori pasar ekspor.

Saat itu, tim produksinya menyiapkan 4000 batang sedotan untuk dikirimkan ke pengekspor. Setelah dilakukan penyortiran,  ternyata hanya lima batang saja yang mampu menembus pasar ekspor Korea. Dari lima batang yang lulus uji mutu ekspor ini, Fahmi dan tim menjadikannya sebuah pelajaran yang berharga. Bersama timnya dia bekerja keras membuat sedotan bambu ini dengan spesifikasi ekspor. Sekarang bisnisnya ini sudah mencapai pasar internasional dan meraup omzet hingga puluhan juta. (sella/dhidan/madiunpedia)

Dokumentasi Pribadi