E-link: Aplikasi Puskesmas Saradan yang Membuat Pelayanan Cepat dan Tepat

Puskesmas Saradan Madiun berhasil membuat E-link, sebuah aplikasi yang membuat pelayanan mereka menjadi cepat dan tepat

 
Foto oleh Tomy/Madiunpedia

MADIUN – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah salah satu sarana pelayanan kesahatan masyarakat yang sangat penting di Indonesia. Puskesmas adalah unit pelaksana teknis dinas kabupaten atau kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah. Pekerjaan di puskesmas tidak lah gampang, banyak berkas-berkas pasien yang harus dikumpulkan dan diarsipkan.

Kebanyakan puskesmas masih mengarsipkan data pasiennya secara manual. Masih menulis di kertas dan menyimpannya di sebuah lemari khusus data-data pasien. Namun banyaknya pasien yang datang di puskesmas akan sangat merepotkan. Belum jika ada nama antar orang yang sama, mereka harus mengelompokkan agar tidak saling tertukar. Hal ini membutuhkan orang-orang yang sangat teliti dan hati-hati.

Puskesmas Saradan kini tidak khawatir akan kekurangan tempat untuk menyimpan data pasien. Terlebih Puskesmas Saradan tempatnya tidak begitu luas, maka E-link ini sangat membantu. Di Puskesmas Saradan kini tidak perlu lagi menginput data pasien dengan cara manual. Puskesmas Saradan sudah melakukan inovasi terkait permasalahan yang sering dihadapi oleh puskesmas-puskesmas lain. E-link adalah aplikasi dari Puskesmas Saradan yang mampu membuat pelayanan lebih cepat dan tepat.

Aplikasi ini sudah berjalan dari tahun 2018 sampai sekarang terus dikembangkan. E-link merupakan aplikasi yang telah terintegrasi denga BPJS Kesehatan. Aplikasi ini digunakan untuk memanajemen pasien dan merekam semua riwayat medis pasien. Nantinya semua data ini terintegrasi di semua pelayanan yang ada di Puskesmas Saradan. Mulai dari pelayanan poli, apotek hingga laboratorium.

Berkat aplikasi ini, pasien menjadi lebih mudah saat berobat di Puskesmas Saradan. Para pasien juga tidak perlu khawatir jika datanya dapat tertukar. Karena aplikasi ini sudah terintegrasi, maka pasien yang berobat akan mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. Pihak dari Puskesmas Saradan mengajak semua Puskesmas untuk memanfaatkan kemajuan teknologi seperti yang sedang dilakukan oleh Puskesmas Saradan. (sella/dhidan/madiunpedia)