Hebat! Kabupaten Madiun Sabet Penghargaan sebagai Kabupaten Sangat Inovatif di IGA 2020

Pemerintahan Kabupaten Madiun menerima Pengahargaan Innovative Government Award (IGA) 2020, yang dinilai sangat inovatif di Indonesia.

 

Suasana penerimaan penghargaan Innovative Goverment Awards 2020, tampak Wakil Bupati Madiun menerima penghargaan diatas panggung mewakili Kabupaten Madiun yang mendapatkan predikat daerah sangat inovatif

MADIUN – Pemerintah Kabupaten Madiun menerima Pengahargaan Innovative Government Award (IGA) 2020, nominasi yang didapat tersebut merupakan daerah yang sangat inovatif di Indonesia. Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri RI (BPP atau Badan Litbang) kepada Wakil Bupati Madiun, H. Hari Wuryanto di The Sultan Hotel and Residence Jakarta, Jumat (18/12) dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Kegiatan ini diadakan setiap tahun sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Pusat terhadap semangat dan keberhasilan Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dengan cara-cara inovatif. Kabupaten Madiun berhasil berada pada urutan 169 dari 514 kabupaten dan kota yang ada di Indonesia. Mendapatkan predikat kabupaten atau kota yang sangat inovatif, kabupaten atau kota harus mendapatkan skor lebih dari 1000. Berdasarkan perhitungan sistem, Kabupaten Madiun berhasil mendapatkan skor 1290 dan akhirnya pulang membawa penghargaan sebagai kabupaten sangat inovatif.

Penerimaan Penghargaan IGA 2020 oleh Wakil Bupati Madiun, Hari Wuryanto pada Jumat (18/12) di Jakarta
Adapun diketahui inovasi daerah Kabupaten Madiun yang dilaporkan ada sebanyak 25 inovasi yang terdiri dari inovasi pelayanan publik, inovasi tata kelola pemerintahan, dan inovasi daerah lainnya sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah. Inovasi-inovasi ini hanya perlu diinput melalui website yang telah disediakan oleh pihak terkait sehingga kabupaten atau kota tidak perlu mengajukan proposal seperti tahun-tahun sebelumnya.

Sebagai penggerak pendataan inovasi daerah, Bappeda Kabupaten Madiun melakukan upaya segala cara untuk mendata inovasi di daerah. Seperti pengadaan website yang serupa dengan website IGA. Jadi para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat memasukkan semua inovasinya dan memberikan semua dokumentasi terkait. Hal ini dianggap lebih mudah dalam pendataan dan bisa menjaring semua inovasi. Pada pengisian pertama, OPD akan didampingi oleh pihak Bappeda dan akar diajarkan bagaimana cara mengisi data inovasi di website. Selain itu, Bappeda juga menjalin kerja sama dengan pemegang media sosial di daerah Kabupaten Madiun.

Ahmad Dawami, Bupati Madiun menyampaikan bahwa Kabupaten Madiun harus meningkatkan prestasinya ini. Diharapkan juga para OPD terus berinovasi dan mau ikut serta antusias dalam pengembangan inovasi di Kabupaten Madiun. Pada tahun 2021, Bappeda mengatakan bahwa akan ada sosialisasi lagi terkait inovasi-inovasi yang dibutuhkan di Kabupaten Madiun. Rencananya, tiap OPD diwajibkan harus memiliki satu inovasi yang benar-benar matang. Tidak hanya OPD saja, diharapkan pula para warga Kabupaten Madiun juga harus berinovasi di semua bidang. (sella/dhidan/madiunpedia)