Warga Desa Batok Gemarang Sulap Perkebunan Jadi Tempat Wisata dan Edukasi

Warga Desa Batok Gemarang Sulap Perkebunan Jadi Tempat Wisata dan Edukasi

 
Dokumentasi Pribadi

MADIUN – Daerah Gemarang Kabupaten Madiun merupakan daerah dataran tinggi yang sangat berpotensi untuk ditanami berbagai tanaman. Tanaman yang dapat tumbuh dengan subur di daerah ini antara lain kopi, teh, kakao, dan lain sebagainya. Daerah Gemarang memang tekenal sebagai daerah yang dingin dan sejuk. Jadi tidak salah jika semua tanaman perkebunan dapat tumbuh subur di daerah ini.

Melihat potensi lain pada perkebunan yang terbentang di daerah Gemarang ini, Pak Suntoro mengubah perkebunan yang ada di desanya menjadi tempat berlibur dan tempat edukasi. Tempat ini berlokasi di Desa Batok Gemarang, Kabupaten Madiun. Melalui inovasi ini beliau berkreasi mengembang perkebunan ini menjadi lebih memiliki nilai daya jual tinggi. Wisata ini dikenal sebagai wisata edukasi Pondok Coklat Sendang Biru.

Perkebunan ini disulap menjadi tempat wisata kekinian yang disukai anak-anak. Namun tidak hanya menyajikan keindahan alam, namun menyajikan juga tempat untuk belajar. Belajar yang dimaksud bukan seperti belajar di dalam kelas, melainkan belajar langsung mengenal macam tumbuhan dan hewan.

Tempat ini sekarang sangat ramai dikunjungi oleh rombongan keluarga khususnya yang memiliki anak kecil. Biasanya didatangi juga oleh rombongan dari TK-TK dari luar daerah. Jadi disini anak-anak tidak hanya membayangkan apa itu buah jeruk namun dapat langsung melihat langsung dan memegangnya. Mereka juga bisa melihat pohon-pohon dari buah-buah yang mereka kenal. Tak hanya itu , mereka bisa memetik buah itu dan dibawa pulang.

Di sini juga terdapat taman kelinci yang dapat digunakan untuk anak-anak bermain dan belajar. Anak-anak dapat mengenal struktur tubuh kelinci dengan langsung tidak hanya menggunakan gambar. Mereka juga dapat memberi makan kelinci-kelinci yang ada menggunakan makanan yang sudah disediakan. Hal ini dapat menumbuhkan rasa kasih sayang ke makhluk lain. (sella/.../madiunpedia)