Warga Madiun Kreasikan Bambu menjadi Totebag Kekinian

Warga Madiun berhasil mengkreasikan bambu menjadi totebag kekinian yang banyak diminati oleh kaum hawa

 
Dokumentasi Pribadi
MADIUN – Bambu adalah tanaman yang mudah hidup di Indonesia. Bambu memiliki sistem rhizoma-dependen sehingga pertumbuhannya paling cepat. Pertumbuhan dari bambu ini bisa mencapai sekitar 3-10 cm per hari. Maka tidak heran jika banyak dijumpai pohon bambu yang melimpah ruah di Indonesia.

Seperti yang kita ketahui bahwa dari bambu kita bisa membuat  perabotan rumah. Namun tidak hanya itu, sekarang bambu bisa digunakan untuk membuat barang yang tak biasa. Di tangan Dwi Erna bambu ini disulap menjadi barang yang sedang diminati oleh orang zaman sekarang khususnya kaum muda. Totebag yang biasanya terbuat dari kain kanvas, totebag yang satu ini malah terbuat dari bambu.

Usaha kerajinan ini sudah dirintis oleh Dwi Ernawati sejak tahun 2009 silam. Melihat banyaknya bambu yang tumbuh di sekitar rumahnya membuat dia tertarik untuk memanfaatkan bambu-bambu ini. Namun dia ingin membuat sesuatu hal yang berbeda daripada biasanya. Alhasil muncul membuat totebag booni atau bamboo goni.

Dalam pembuatannya sendiri, Dwi harus mempersaiapkan bahan yaitu anyaman bambu dan karung goni. Bambu-bambu ini harus diawetkan untuk bisa dilakukan pemotongan. Pemotongannya harus mengikuti pola yang telah ditentukan. Kemudian semua bahan ini bisa langsung di jahit sesuai dengan desain atau motif yang diinginkan.

Totebag ini tidak hanya diminati oleh kaum anak muda, akan tetapi ibu-ibu juga sangat suka menggunakan produk ini. Usaha ini memang sudah lama berdiri, akan tetapi usaha ini pasti pernah mengalami naik turun. Akan tetapi Dwi Ernawati tidak pernah putus asa dan terus berinovasi mengembangkan usaha miliknya ini.(sella/dhidan/madiunpedia)