5 Oleh-Oleh Khas Madiun yang Wajib Dibeli Ketika Ke Madiun

Mengunjungi Madiun tidak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh. Kali ini Madiunpedia merekomendasikan dulur semua beberapa oleh-oleh khas Madiu
Mengunjungi Madiun tidak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh. Kali ini Madiunpedia merekomendasikan dulur semua beberapa oleh-oleh khas Madiun yang sangat direkomendasikan untuk kamu jadikan buah tangan ketika berkunjung kesini.

1.    Kue Bluder

Kue Bluder Khas Madiun yang diketahui keberadaannya sejak zaman kolonial (Foto Tomy/Madiunpedia)
Kue legendaris ini dipercaya keberadaannya sejak era kolonial. Konon katanya kue ini dulunya dibawa para penjajah dan menjadi makanan wajib oleh tantara Belanda.
Roti yang cenderung rasanya manis ini memiliki tekstur seperti kue sobek yang lembut. Salah satu produsen Kue Bluder yang terkenal adalah Bluder Cokro. Toko roti yang berdiri sejak tahun 1989 ini berada di Jalan Cokroaminoto No 36 Madiun.
Zaman semakin berkembang, varian rasa yang ditawarkan dari Kue Bluder pun semakin beragam mulai dari cokelat, keju, ovolmaltin, greentea, nanas, kacang, kismis dan masih banyak yang lain.

2.    Sambel Pecel Khas Madiun

Sambel Pecel Madiun (Foto oleh Kontan)
Dulur Madiunpedia pasti tidak asing dengan makanan khas Madiun, yaitu pecel Madiun. Pastikan dulur semua jika berkunjung ke Madiun untuk tidak lupa membawa sambel pecel kering. Penting dibawa karena rasa pecel Madiun itu ngangenin, sehingga kamu ga khawatir kalua sewaktu-waktu pengen Nasi Pecel Khas Madiun. So karena pastinya kamu memiliki stok sambel pecel yang banyak dirumah.

Salah satu yang menjadi ciri khas sambel pecel Madiun adalah rasa khasnya yang manis dan gurih. Ga usah khawatir karena Sambel Pecel Khas Madiun ini mudah kamu jumpai di toko oleh-oleh yang tersebar di seluruh penjuru Madiun.

3.    Brem Madiun

Brem Madiun oleh-oleh khas Madiun yang melegenda (Foto Tomy/Madiunpedia)
Makanan khas Madiun yang berasal dari fermentasi sari ketan ini memiliki rasa yang khas, nyess saat masuk kedalam mulut. Memang makan makanan yang satu ini adalah pengalaman yang berbeda, ketika masuk mulut brem akan lenyap dan meninggalkan rasa khas didalam lidah.
Salah satu daerah yang menjadi sentra pembuatan makanan tradisional Brem Madiun terletak di Desa Kaliabu dan Desa Bancong. Biasanya brem akan disajikan dalam bentuk lempengan persegi panjang, ukuran dan isinya pun macam-macam tergantung degan selera.
Berjalannya waktu varian rasa Brem Madiun semakin beragam, mulai dari original, strawberry, melon, dan rasa buah-buahan yang lain. Bahkan akhir-akhir ini produsen mulai kreatif dengan menciptakan produk Brem Cokelat dan Brem Kelor.

4.    Madumongso

Madumongso makanan khas Madiun yang manis (Foto WIKIPEDIA)
Masih berbahan dasar ketan, Madumongso terkenal dengan rasanya yang manis banget. Ketan yang digunakan Madumongo adalah jenis ketan hitam. Proses pembuatannya pun hampir sama dengan brem yang harus difermentasikan terlebih dahulu.

Madumongso biasanya akan dikemas menggunakan kertas warna-warni. Sangat menarik untuk dibawa oleh-oleh saat berkunjung ke Madiun karena kemasannya yang cantik.

5.    Krupuk Puli

Krupuk Puli makanan khas Madiun yang renyah dan gurih. (Foto juliablog.web.app)
Oleh-oleh khas Madiun satu ini sangat cocok untuk disantap dengan sambel pecel. Krupuk yang bahan dasarnya dari beras ini memiliki rasa yang gurih dan renyah. Sebelum digoreng krupuk puli ini berasal dari nasi yang digepengkan dan lalu dijemur hingga kering dibawah sinar matahari.