6 Sekolah Menengah Atas (SMA) Terbaik di Madiun Versi LTMPT

Peringat ini didapatkan dari hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT)

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)  merupakan salah satu jalur yang dapat ditempuh siswa SMA/sederajat untuk menjadi mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri Indonesia. Baru-baru ini, penyelenggara UTBK yaitu Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merilis “TOP 1000 Sekolah dengan Rerata TPS UTBK Tertinggi Tahun 2020” dan ternyata ada 6 SMA/sederajat di Madiun yang masuk ke dalam pemeringkatan tersebut. SMA mana aja sih itu?

Foto oleh SMAN 2 Madiun

1.SMAN 2 Madiun

SMA yang berlokasi di Jalan Biliton No.24, Madiun Lor, Kec. Manguharjo, Kota Madiun menjadi sekolah asal Madiun yang masuk ke dalam jajaran 1000 sekolah dengan nilai UTBK terbaik se-Indonesia di tahun 2020. SMAN 2 Madiun menempati peringkat 109 nasional, dan masuk ke dalam 15 besar se-Jawa Timur. 

Ilustrasi foto dari sman1madiun.sch.id

2.SMAN 1 Madiun

SMAN 1 Madiun menjadi sekolah di Madiun yang masuk ke dalam Top 1000 sekolah dengan nilai rata-rata UTBK terbaik tahun 2020. Sekolah dengan alamat Jl. Mastrip No.19, Mojorejo, Kec. Taman, Kota Madiun ini, berada di urutan 576 nasional dan urutan 86 provinsi Jawa Timur. 

Foto ilustrasi sman3tarunaangkasa.sch.id

3.SMAN 3 Taruna Angkasa Madiun

Sekolah yang sebelumnya bernama SMAN 3 Madiun ini meraih berada di urutan ketiga sekolah dengan nilai UTBK terbaik di tahun 2020 untuk kawasan Madiun. Sekolah yang berada di Jalan Ringroad Barat atau berada tepat di sebelah Asrama Haji Madiun tersebut, mendapatkan peringkat 594 nasional serta berada di urutan 90 di tingkat provinsi.

Foto ilustrasi sman1mejayan.sch.id

4. SMAN 1 Mejayan

SMAN 1 Mejayan berada di urutan keempat, sebagai sekolah dengan nilai rerata UTBK tertinggi di tahun 2020 untuk kawasan Madiun. Sekolah yang berada di Jalan Panglima Sudirman No. 82, Mejayan ini berada di peringkat 657 nasional dan berada di peringkat 99 di tataran Provinsi Jawa Timur.

Foto ilustrasi sman1geger.sch.id

5. SMAN 1 Geger

Masih dari Kabupaten Madiun, SMAN 1 Geger masuk ke dalam pemeringkatan 1000 sekolah dengan nilai UTBK tertinggi di tahun 2020. Sekolah dengan alamat Jalan Raya Uteran No. 634, Sumberejo, Geger tersebut, berada di peringkat 732 nasional dan urutan 110 se-Provinsi Jawa Timur.

Foto ilustrasi man2madiun.sch.id

6. MAN 2 Madiun

MAN 2 Madiun menjadi satu-satunya sekolah berbasis agama asal Madiun yang masuk ke dalam pemeringkatan 1000 sekolah dengan nilai UTBK terbaik di tahun 2020. Sekolah tersebut mendapatkan peringkat 886 Nasional dan berada di urutan 129 provinsi Jawa Timur.

Masuknya 6 sekolah diatas ke dalam jajaran 1000 besar sekolah dengan nilai UTBK tertinggi di tahun 2020 menjadi prestasi tersendiri bagi rupa pendidikan di Madiun. Meskipun begitu, mengingat jumlah keseluruhan sekolah yang menyelenggarakan pendidikan menengah atas di kawasan Madiun berjumlah 93 institusi, maka pendidikan di kawasan Madiun masih dapat ditingkatkan lebih baik performanya. Walaupun nilai UTBK bukan segalanya, akan tetapi nilai tes tersebut menjadi salah satu jalan bagi siswa untuk masuk ke dalam perguruan tinggi negeri di Indonesia. Maka dari itu, perlu adanya sinergitas dari berbagai pihak agar nilai UTBK serta kesempatan lolos siswa asal Madiun untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri semakin besar.