Mahasiswa KKN Undip Ajak Masyarakat Untuk Lebih Bijak Bermedia Sosial

 Naura Iftika R, seorang mahasiswa KKN Undip yang melakukan sosialisasi etika bermedia sosial. Ia bertugas di Desa Klecorejo, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Seiring pandemi covid-19 dan beredar luasnya hoaks, menjadikan alasan mengapa program kerja tersebut dilaksanakan. Berkembangnya media sosial dan internet, membuat seluruh informasi bisa diakses dengan mudah dan tanpa batas. Hal tersebut menjadi urgensi bahwa literasi hoaks serta etika bermedia sosial hendaknya diperkenalkan ke masyarakat desa.

Bersamaan dengan diadakannya posyandu di Kantor Desa Klecorejo, sosialisasi dilakukan setelah para ibu dan balita melakukan kegiatan timbang berat badan dan tinggi badan. Hal tersebut dilakukan agar meningkatkan kewaspadaan bagi para orang tua untuk tidak sembarangan mengunggah foto anak, foto keluarga ketika berwisata, agar tidak menjadi ajang kriminalitas.

Sambutan yang positif pun ditunjukkan oleh para ibu. Antusiasme mereka cukup tinggi untuk mendengarkan berbagai penjelasan perihal media sosial serta hoaks.