Wujud Dukungan Penguatan Ekonomi Desa ITS Selenggarakan BUMDES Awards Nasional 2022

SURABAYA - Pusat Kajian Kebijakan Publik dan Bisnis Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (PKKPBI ITS) berkomitmen untuk berkontribusi dalam pengembangan ekonomi masyarakat berbasis teknologi dan inovasi. Salah satu yang menjadi perhatian adalah Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang merupakan motor penggerak perekonomian desa. Kontribusi nyata ini diwujudkan dengan penyelenggaraan BUMDES Awards Nasional 2022.

BUMDES Awads Nasional 2022 merupakan kegiatan berkelanjutan yang telah dimulai sejak tahun 2020 bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Acara ini merupakan sebuah kompetisi bagi BUMDes di seluruh Jawa dan Bali untuk menunjukkan performa, kinerja dan kebermanfaatan BUMDes bagi masyarakat lokal sekitar. Terdapat enam kategori yang dapat diperebutkan, antara lain Product Inovation Award, Profitable Achievement Award, Community Development and engagement Award, Good Corporate Governance Award, ICT And Digitalization Award, dan Special Local Champion Award.

Tak hanya akan mendapatkan penghargaan, BUMDES yang memenangkan penghargaan akan berkesempatan untuk mendapat fasilitas klinik BUMDes dan Milleneal Home Center dari PKKPBI ITS. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan ketahanan BUMDes yang memiliki potensi utama pada sektor agrobisnis, industri kreatif, wisata desa yang berhubungan dengan ketahanan pangan dalam mengembangkan dan memperkuat ketahanan ekonomi yang dimulai dari desa. Kegiatan BUMDes Award Nasional 2022 dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut:

1.    Pendaftaran mulai tanggal mulai 24 Juli – 20 Agustus 2022
2.    Seleksi Pendaftaran tanggal mulai 21 – 30 Agustus 2022
3.    Presentasi Online mulai 1-7 September 2022
4.    Pengumuman 8 September 2022
5.    Penganugrahan 15 September 2022

Bagi BUMDES yang berminat dapat melakukan pendaftaran melalui laman intip.in/BUMDESAWARDNASIONAL2022 dan buku petunjuk mengenai kegiatan dapat diakses selengkapnya melalui laman intip.in/GUIDEBOOKBUMDESAWARDSNASIONAL2022

Kegiatan ini melibatkan 4 tim pengabdian masyarakat dari dosen ITS yang terdiri dari Windiani, Ipung Fitri Purwanti, Bieby Voyjant T., Z. Muhibbin. Selain itu PKKPBI juga berkolaborasi dengan AITAA dan IDEA dan APEDI.

PKKPBI juga telah menunjuk PIC sebagai jembatan informasi mengenai BUMDES Awards Nasional 2022. Berikut merupakan daftarnya

1.    Provinsi Jawa Timur (PIC: Arwi Yudi Koswara, ST., MT-ITS),
2.    Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (PIC: Dr. Murtinungrum, STP., M.Eng-UGM),   
3.    Provinsi Jawa Tengah (PIC: Dr. Shoimahtul Fitria, SE., MM – UNDIP),
4.    Provinsi Banten dan Jawa Barat (PIC: Yudi Achmad Faisal – UNPAD) dan
5.    Provinsi Bali (PIC: Dr. Evi Triandi, SP., M.Eng).

Kegiatan ini juga melibatkan 10 mahasiswa magang dan 10 orang mahasiswa ITS sebagai kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) berbasis Produk dengan luaran kawasan binaan, kemitraan, dan Policy Brief  terkait Pengelolaan BUMDes dan Strategi Pengembangan Ekonomi Masyarakat Berbasis Inovasi Teknologi.