5 Jurusan Favorit Universitas PGRI Madiun (UNIPMA)

Universitas PGRI Madiun, Dokumentasi Google Street View

UNIPMA atau Universitas PGRI Madiun merupakan perguruan tinggin swasta ternama di Kota Madiun, saat ini, Universitas PGRI Madiun memiliki 3 kampus dengan lokasi yang berbeda. Kampus 1 atau kampus pusat berada di Jalan Setia Budi Nomor 85, Madiun, Jawa Timur. Kampus 2 berlokasi di Jalan Auri Nomor 14-16, Kota Madiun, Jawa Timur dan Kampus UNIPMA cabang Ngawi yang berlokasi di Jalan Raya Klitik Km.5, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Awal berdiri, IKIP daerah Madiun, nama lama UNIPMA. Hanya membuka tiga program studi , yaitu Prodi Pendidikan Umum (PU), Prodi Ilmu Pasti, dan Prodi Bahasa Indonesia dengan jumlah mahasiswa 76 orang. Universitas PGRI Madiun melewati perjalanan yang cukup panjang untuk berubah nama menjadi seperti sekarang. Bergantinya nama IKIP Daerah Madiun menjadi Universitas PGRI Madiun tertuang pada surat keputusan Menristekdikti Nomor 1/KPT/I/2017.

Kini, Universitas PGRI Madiun berkembang cukup cepat, memiliki 6 fakultas: Program Pascasarjana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains (FIKS), dan Fakultas Hukum (FH), Dari banyaknya fakultas diatas, ada 8 program studi yang paling banyak diminati, apa saja itu?

1. Pendidikan Ekonomi

Pendidikan Ekonomi adalah program studi yang mempelajari berbagai ilmu ekonomi baik micro maupun macro ekonomi, Belajar juga perihal keuangan, perdagangan internasional, akutansi. Selain itu, mahasiswa Pendidikan Ekonomi juga belajar ilmu-ilmu seperti evaluasi dan teknik manajemen.

2. Pendidikan Biologi

Pendidikan Biologi merupakan prodi yang memiliki tujuan untuk melahirkan tenaga pendidik kompeten di bidangnya, baik untuk tingkat pendidikan dasar maupun menengah. Selain belajar teori biologi beserta turunannya, anak pendidikan biologi juga praktik. Seru! Jurusan ini jadi prodi favorit di rumpun saintek.

3. Manajemen

Siapa yang cita-citanya jadi manajer perusahaan? Atau hobi mengelola sesuatu hal. Jurusan ini masuk sebagai jurusan favorit di Universitas PGRI Madiun, program manajemen ini memfokuskan mahasiswa untuk belajar mengelola, merencanakan, dan mengatur semua proses bisnis atau apapun itu.

4. Pendidikan Matematika

Meski matematika dirasa sulit bagi mayoritas anak Indonesia, program studi matematika Universitas PGRI Madiun malah jadi prodi favorit di rumpun studi saintek. Selain belajar matematika yang penuh trik, kombinasi, dan jebakan, karena prospek kerja dari prodi ini adalah tenaga pendidik, mahasiswa pendidikan matematika juga belajar manajemen dan evaluasi.

5. Akutansi 

Akutansi jadi salah satu  program studi favorit di rumpun studi sosial humaniora Universitas PGRI Madiun, program studi akutansi ini masuk di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, anak akutansi terkenal dengan kerapian, ketelitian dan kesabaram. Bagaimana tidak? Tiap hari mereka bertengkar dengan angka-angka yang bikin nangis, prospek kerja utama prodi akutansi ya jadi akuntan perusahaan.

Itu tadi 5 program studi favorit Universitas PGRI Madiun, untuk kalian yang ingin menyelesaikan studi sarjana di UNIPMA, kuatkan hati kalian dan pikirkan kembali, UNIPMA punya fasilitas kampus yang komplit dan layanan yang menyenangkan


Kata Kunci : Kuliah di Madiun, Kampus di Madiun
Penulis : Redaksi