5 Nasi Pecel Kota Madiun yang Legendaris dan Lezat Abis!

Pecel Madiun Foto Tomy/Madiunpedia

Madiun dan pecel adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan, branding “pecel madiun” tersebar dari sabang hingga merauke. Konon, Madiun dipercaya sebagai daerah lahirnya pecel. Sependek yang penulis baca, dulu, pecel adalah makanan kaum bangsawan, jadi menu utama untuk menyambut tamu agung seperti raja dan pemimpin masa kerajaan. Berkembangnya waktu, pecel makin mudah dijangkau dan ditemui, dimanapun dan kapanpun.

Berikut rekomendasi 5 Nasi Pecel Madiun yang legend banget di Madiun!

Nasi Pecel Yu Gembrot

Nasi pecel favorit Presiden Jokowi, pusatnya ada di Jl. Imam Bonjol area Pasar Besi Kota Madiun. Sejak 1942, Mbah Sarinem merintis usaha pecel yang kemudian hari diteruskan oleh anaknya Bu Katini (Yu Gembrot). Pilihan lauk disini juara banget lur, komplit plit. Sambel pedas manis yang ditawarkan dijamin menambah selera makan. Nasi Pecel Yu Gembrot  juga mudah ditemui di berbagai kota Pulau Jawa, ada di Malang, Jogja dll. Nasi Pecel yang lahir sebelum Indonesia merdeka.

Nasi Pecel Pojok

Nama yang sangat merepresentasikan lokasinya, ada di pojokan antara Jl. Cokroaminoto dan Jl. Ringin Kota Madiun. Salah satu pecel Madiun yang cukup tua, lelah duduk sejak 1967, aneka sayuran di Nasi Pecel Pojok benar-benar juara lur, kalian juga bisa request sambal pecel pedas dan non pedas. Hanya dengan Rp. 15.000, sepincuk nasi pecel lengkap dengan siraman sambal dan lauk pauk yang aduhay, siap melibas kelaparan kalian.

Nasi Pecel 99

Masih di komplek Jl. Cokroaminoto, ada depot Nasi Pecel 99. Kalau depot satu ini langganannya Pak SBY dan Ibu Ani, kalau lagi ke Madiun, beliau berdua musti mampir. Kualitas dan rasa pecel Depot 99 memang tak layak lagi diragukan. Sambel pecel yang mereka gunakan adalah resep rahasia yang diolah langsung oleh Pak Karyono bersama Istri, siraman sambel yang identik, khas, dan penuh kelezatan.

Nasi Pecel Sri Tanjung

Terkenal dengan nasi pecelnya para artis, depot satu ini memang juara perihal rasa dan jam buka,  pukul 18.00 WIB sampai dengan 03.00 WIB, tenda non permanen pecel Sri Tanjung gagah berdiri. Kalau malam, banyak mobil-mobil yang mampir sini, pilihan lauk dan rasa sambel pecelnya juara. Kalau laper pas malam hari, pecel Sri Tanjung adalah solusi!

Nasi Pecel Bu Wo

Salah satu depot nasi pecel legendaris yang buka 24 jam, lokasinya ada di Jl. S. Parman, Oro-Oro Ombo, Kota Madiun. Ancer-ancer mudahnya, depot satu ini ada di samping Carefour, Bu Wo mengawali kariernya dalam dunia pecel dengan keliling dari satu tempat ke tempat lain. Terakhir mampir sini, rasa sambel Bu Wo benar-benar gurih dan legit lur, pilihan lauknya juga komplit.

Penulis Redaksi