5 Fakta Kecamatan Dolopo yang Disembunyikan!

foto: halodoc.com

Dolopo adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Indonesia. Terletak di bagian selatan Kabupaten Madiun, berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo. Dolopo dikenal dengan kecamatan 1000 bangjo, jumlah lampu merah di Dolopo terbilang cukup banyak ketimbang kecamatan lain di Kabupaten Madiun. Pusat pemerintahannya berada di desa Dolopo. Pak Jokowi pernah sholat di Masjid Besar Al Istiqomah Dolopo, ngga percaya? cek di google lur.

Karena letaknya yang strategis yakni pertemuan dari empat penjuru, di timur daerah wisata Ngebel, Ponorogo, di barat daerah pertanian kecamatan Kebonsari, di utara ke arah kota Madiun dan ke selatan ke arah kota Ponorogo. Dolopo jadi salah satu pusat ekonomi di Madiun bagian selatan, punya pasar yang cukup besar dan ramai. Buat tahu lebih jauh tentang Dolopo, berikut 5 fakta kecamatan Dolopo.

Punya 12 Desa/Kelurahan

Dengan luas wilayah 48,85 km². Dolopo memiliki 12 desa/kelurahan yang tersebar di wilayahnya. Antara lain: Bader, Bangunsari, Blimbing, Candimulyo, Doho, Dolopo, Glonggong, Ketawang, Kradinan, Lembah, Mlilir, Suluk. Pusatnya ada di Desa Dolopo. Dengan batas wilayah sbb, Batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut. Utara; Kecamatan Geger dan Dagangan. Timur; Kecamatan Dagangan dan Kabupaten Ponorogo. Selatan; Kabupaten Ponorogo. Barat; Kecamatan Kebonsari.

Jarang Banjir

Berdasarkan data BPS Kabupaten Madiun 2022. Dalam data desa/kelurahan yang Mengalami Bencana Alam Menurut Kecamatan di Kabupaten Madiun, 2019–2021. Kecamatan Dolopo adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Madiun yang jarang terdampak bencana alam banjir, Dolopo pernah banjir pada tahun 2021. 

Punya 482 RT/RW 

Dari 10 Desa dan 2 Kelurahan yang ada, Kecamatan Dolopo punya 482 RT/RW, dengan rincian 104 rukun warga dan 378 rukun tetangga. Data ini mengacu pada jumlah Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT) Menurut Desa/Kelurahan di Kecamatan Dolopo, 2021. Yang bisa diakses melaui laman website BPS Kabupaten Madiun.

Banyak Lampu Merah

Disadari atau tidak, Dolopo punya banyak sekali lampu merah. Hal ini jadi pengalaman pribadi penulis yang beberapa kali melintasi aspalan Dolopo, hal ini juga ditegaskan oleh beberapa warga Dolopo yang meresahkan banyaknya warga Dolopo yang melanggar lampu lalu lintas, karena saking banyaknya. Tidak berdasarkan data sih lur, tapi bisa dilihat langsung pas lewat Dolopo.

Kisah Situs Ngurawan

Ada satu misteri di Dolopo yang masih abu-abu, penemuan kendi, piring kuno dan beberapa benda klasik yang konon merupakan benda-benda yang ada pada Masa Kerajaan Majapahit (Abad 14-15 M). Situs Ngurawan masih terus menjadi pertanyaan, beberapa ahli arkeologi berpendapat bahwa Situs Ngurawan adalah situs pemukiman masa klasik.