Hikmah Menjalankan Puasa dan Makanan Yang Baiknya Dihindari!

Foto: pexels.com

Puasa merupakan kewajiban setiap umat islam. Umat islam diwajibkan berpuasa pada bulan Ramadhan atas perintah Allah Swt lewat QS. Al-Baqarah Ayat 183. Puasa diartikan menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa mulai dari terbitnya fajar (waktu sahur) hingga terbenamnya matahari (waktu berbuka). Puasa adalah ibadah lahir dan batin karena melibatkan anggota badan terutama mulut untuk tidak makan dan minum pada waktu tertentu. Disamping itu, anggota tubuh juga harus ditahan untuk tidak melakukan perbuatan yang sia-sia. 

Selain menjadi kewajiban, ternyata puasa memiliki berbagai hikmah mulai dari psikis hingga kesehatan. Secara psikis orang yang menjalankan puasa akan semakin memiliki jiwa dan perilaku yang sehat dan menjauhkan pikiran dan perbuatan dari hal-hal yang dapat menciderai kesempurnaan berpuasa menjadi. Manfaat puasa bagi kesehatan diantaranya seperti dapat menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, mengurangi terkena diabetes, mengurangi risiko munculnya kanker, hingga menjaga kesehatan mental. 

Berikut ini 6 hikmah melaksanakan puasa Ramadhan:

Bentuk Peribadatan Kepada Allah Ta’ala                                                                                 
Berpuasa merupakan salah satu cara melaksanakan perintah Allah swt. Umat islam diwajibkan berpuasa di bulan Ramadhan sebulan penuh ketika sudah berusia akil baliq. Al-Quran mengungkapkan bahwa puasa adalah aktivitas ubudiyah agar orang-orang beriman mencapai derajat takwa. 

Lebih Peduli pada Sesama                                                                                                       
Dalam islam, persaudaraan muslim tampak jelas ketika bulan Ramadhan. Berpuasa sama dengan belajar merasakan apa yang saudara kita rasakan seperti makan dan minum yang kekurangan. 

Cara Mengekang Jiwa dari Syahwat 
Puasa Ramadhan akan sempurna dan tidak sia-sia ketika selain menahan lapar dan haus juga mengindari keharaman mata, perkataan, telinga, dan perbuatan. Hal ini sebagai pembelajaran untuk dapat menghindari hal-hal yang menimbulkan dosa seperti bergunjing. 

Mempererat Silaturahmi 
Bulan Ramadhan merupakan bulan yang tepat untuk mempererat silaturahmi seperti melakukan sholat bersama di masjid, tadarus atau mengaji bersama, berbagi ilmu melalui diskusi keagamaan, buka puasa bersama saudara atau teman, hingga berbagi takjil atau makanan berbuka puasa. 

Menyadari Besarnya Nikmat Allah 
Ketika waktu berbuka puasa tiba, makan dan minum sedikit saja kita telah merasakan nikmat yang sedikit tersebut. Selain itu, puasa juga dapat menghindari hawa nafsu terhadap makan dan minum yang berlebihan. 

Pengaruh Positif terhadap Jiwa dan Tubuh 
Pada umumnya munculnya berbagai penyakit yang menimpa manusia disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi manusia, keresahan, kegelisahan, stress, serta pola makan yang tidak sehat. Hal tersebut dapat dicegah dengan cara berpuasa. Tubuh mengalami keseimbangan anabolisme dan katabolisme yang berakibat asam amino dan berbagai zat yang lainnya membantu peremajaan sel dan komponennya memproduksi glukosa darah dan mensuplai asam amino dalam darah sepanjang hari. 

Makanan yang Harus Dihindari Saat Bulan Puasa :

Makanan Pedas 
Cabai mengandung zat capcaisin yang dapat mengakibatkan diare. Ketika seseorang berpuasa tentu akan terganggu aktivitasnya jika mengalami diare. Jadi hindari makan makanan pedas ya!

Makanan Terlalu Manis 
Makanan yang berasal dari gula rafinasi tidak dianjurkan dikonsumsi berlebihan karena dapat membuat kadar gula darah melonjak cepat sehingga memberatkan kerja pankreas dalam menghasilkan insulin.
 
Makanan Tinggi Lemak Mengonsumsi 
Makanan tinggi lemak seperti gorengan dapat melambatkan pengosongan lambung, sehingga asam lambung akan naik dan tenggorokan akan panas. Jadi jangan makan yang tinggi lemak saat baru berbuka puasa ya!

Makanan Mengandung Gas Makanan
 
Seperti durian, kol, dan Nangka yang mengandung gas dapat merangsang produksi asam lambung. Jika dikonsumsi saat berpuasa dapat mengakibatkan gejala maag, mual, kembung, dan nyeri. 

Minuman Mengandung Kafein dan Soda 
Sebisa mungkin hindari konsumsi minuman berkafein dan bersoda saat hendak sahur atau berbuka puasa karena dapat menimbulkan efek diuretic, yaitu efek yang bisa menyebabkan sering buang air kecil dan membuat cepat haus. 

Penulis Bilqis Ar Rumaysha