Mengayuh Becak Politik Penuh Gimik!

foto: placeshappen.com

Mewujudkan politik yang asik dan edgy adalah mimpi beberapa partai politik, tentu hal ini dipengaruhi oleh suasana politik yang didominasi oleh pemilih muda, 107 juta anak muda akan menjadi voters di pemilihan umum tahun depan. Partai politik nampak berlomba-lomba mempertontonkan gimik basi agar terlihat merakyat, mewakili anak muda, dan mengikis gelombang pesimisme pesta demonstrasi, ya anda tidak salah baca.

Pesta gimik juga nampak saat pendaftaran bakal calon legislatif di Kota dan Kabupaten Madiun. Parpol melakukan beragam cara untuk berangkat menuju KPU, selain membawa berkas administrasi, mereka juga nyangking seprangkat alat gimik agar kelihatan asik. Ada yang bawa gadis cantik, bergaya naik vespa, nggaya proletar dengan naik becak, dst,dst.

Apapun cara yang mereka tempuh untuk berangkat ke KPU— sah-sah saja dilakukan, tidak ada yang salah. Tapi, nampak basi untuk dipertontonkan kepada masyarakat. Sudah bosen bos ngelihat parpol berangkat nyaleg dengan naik becak biar kelihatan merakyat, praktik semacam ini seyogianya kita sudahi saja, basi.

Puncak kelucuan gimik ini ada di Partai Kebangkitan Bangsa, cara ini nggak salah sih, tapi lucu aja pak. Mereka berangkat dengan ide besar mewujudkan pemilu yang riang gembira, menyudahi fenomena tahun politik yang panas dan punya tensi tinggi. DPC PKB Kabupaten Madiun, berangkat mendaftarkan bakal calon legislatif ke KPU didampingi gadis cantik dan alim ulama.

Lucu saja saat membacanya, tidak jelas dimana titik lucu yang memantik garis senyum. Tapi cara mereka berangkat ke KPU dengan menggandeng gadis cantik sebagai simpatisan partai adalah hal baru yang layak diapresiasi, praktik yang menjalankan adagium kerja kreatif “sedikit lebih beda lebih baik daripada sedikit lebih baik” mantap PKB!


Gunakan motor vespa, PSI Kota Madiun daftarkan bakal calon legislatif ke KPU Kota Madiun. Sebuah gimik yang asik, edgy, dan jauh dari masyarakat. Tentu tidak berlebihan saat kader PSI berangkat nyaleg dengan naik vespa, mereka ini partainya anak muda bos! si paling mewakili anak muda dengan segala problematikanya.

Dikutip dari instagram @psikotamadiun, misi besar yang mereka tawarkan adalah mewarnai kancah perpolitikan yang penuh dengan semangat muda, transparansi, dan mementingkan keinginan masyarakat luas. Benar-benar luar biasa PSI Kota Madiun, 50% bacaleg yang mereka daftarkan adalah muda-mudi yang usianya dibawah 30 tahun. The Real parpol anak muda.

Tapi, gimik mereka naik vespa ini jauh dari masyarakat bos. Motor vespa adalah satu dari sekian banyak motor antik yang mahal di Indonesia, motor klasik yang penuh cerita ini hanya mampu dibeli oleh mereka yang mapan secara ekonomi. Saya pikir, ini cara yang keliru, kalau mereka ingin terlihat anak muda banget, harusnya berangkat ke KPU naik Aerox dan Fazzio, motornya dihias bak sepeda yang ikut lomba agustusan, wkwkwkw.

Terlepas dari gimik basi dan njelehi diatas, alangkah lebih baiknya kita benar-benar menjadi masyarakat yang asik, melihat pemilu sebagai ruang untuk riang gembira, tak perlu adu bacot yang malah memperkeruh suasana. Semenjana saja, biasa-biasa saja, karena kehidupan dunia hanyalah main-main dan sendau gurau belaka.