Rayakan Kemerdekaan Penerima Beasiswa Pertamina Sobat Bumi ITS Selenggarakan Aksi Tanam Mangrove dan Bersih Sampah

Foto Bersama Para Penerima Beasiswa Pertamina Sobat Bumi ITS dengan para Komunitas Mitra
SURABAYA - Kelestarian lingkungan merupakan faktor penopang untuk keberlangsungan dari kehidupan manusia. Tanaman yang tumbuh di lingkungan sekitar dapat mendukung kelestarian lingkungan itu sendiri. Dampak positif dari adanya banyak tumbuhan di sekitar lingkungan yaitu dapat menekan angka polusi, erosi, abrasi, atau kerusakan alam lainnya. Salah satu tanaman yang sangat bermanfaat baik dari sisi ekologis maupun dari sisi ekonomis adalah pohon mangrove. Melihat pentingnya hutan mangrove dan besarnya manfaatnya, Kota Surabaya menjadi salah satu kota yang menjaga kelestarian mangrove serta menjadikannya sebagai sarana edukasi dan wisata alam. 

Sebagai mahasiswa yang berasal dari kampus pejuang Institut Teknologi Sepuluh Nopember sudah sepatutnya memberikan kontribusi terhadap kelestarian lingkungan di Surabaya itu sendiri. Oleh karena itu, bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia, seluruh Sobat Bumi Pertamina dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember mengadakan salah satu aksi peduli lingkungan, yaitu aksi tanam mangrove. Kegiatan ini dilaksanakan di Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya pada tanggal 18 Agustus 2023. Tak hanya diikuti oleh seluruh Sobat Bumi Pertamina dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, melainkan juga mengajak beberapa pemuda lainnya dari komunitas TCC (Trash Control Community) dan Duta Lingkungan Jawa Timur. Pelaksanaan kegiatan ini dihadiri kurang lebih 50 orang dengan total bibit yang ditanam yaitu 300 bibit. 

Aksi dan kolaborasi bukan hanya melakuakn penanaman 300 bibit tanaman mangrove, melainkan juga melakukan pembersihan di area sekitar penanaman mangrove. Mayoritas jenis sampah yang dikumpulkan adalah plastik serta botol dari limbah industri. Setelah kegiatan aksi selesai, Sobat Bumi Pertamina ITS juga melakukan sosial media campaign terkait kegiatan yang telah dilakukan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan dapat melestarikan keanekaragaman hayati Kawasan hutan mangrove Wonorejo sebagai sarana wisata dan edukasi Masyarakat Kota Surabaya. Selain itu, kegiatan ini juga dapat membantu meningkatkan peran generasi muda. Selama kegiatan juga dipandu oleh pemandu dari Hutan Mangrove Wonorejo sehingga dapat membantu meningkatkan wawasan dan pengetahuan seluruh peserta aksi terkait ekosistem hutan mangrove itu sendiri. 

Pelaksanaan kegiatan ini berjalan dengan lancar karena didukung oleh mitra kolaborasi yang tepat. Tidak hanya terkait proses penanaman mangrove, tetapi juga dampak dan agenda lainnya setelah kegiatan. TCC sebagai salah satu lembaga yang didirikan kelompok mahasiswa (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya) UINSA yang bergerak di bidang pelestarian dan kebersihan lingkungan sangat membantu dalam hal mengintegrasikan kampanye penanaman bakau dan pengendalian sampah. Hal ini dikarenakan TCC memiliki jumlah komunitas yang besar serta memiliki fokus terhadap kelestarian lingkungan. Selain itu, kolaborasi dengan Duta Lingkungan Jawa Timur yang merupakan mediator masyarakat dengan pemerintah dalam pelestarian lingkungan dapat memberikan pola edukatif dalam menjaga lingkungan.