Punk Adalah Solusi Dari Wabah Depresi Nom-Noman Ambyar Madiun

foto:kompasiana.id

Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun yang selama ini bekerja dalam kesunyian, akhirnya muncul dengan kabar yang mengejutkan sekaligus menyenangkan. Siapa yang tak terkejut setelah mendengar 2.400 warga Kabupaten Madiun mengalami depresi atau gangguan kesehatan mental. Terdengar menyenangkan karena keberadaan data adalah aspek penting untuk melakukan tindak lanjut atas suatu masalah.

Meski jelas ini hanya fenomena gunung es, setidaknya kita senang ada ribuan orang yang terdata, kemungkinan buruk yang tidak kita inginkan (suicide) bisa kita cegah sedini mungkin, upaya preventif jauh lebih fokus dan terarah sesuai dengan target nyat. Kesehatan mental, depresi, kecemasan, dan jiwa yang remok. Bukanlah masalah biasa, ini gawat nda!

“Kalau kategori ringan sebanyak 2.400 orang. Faktor ekonomi, masalah sosial, keluarga dan asmara masih mendominasi penyebab gangguan kejiwaan,’’ ujar Kepala Sub Koordinator  Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Dinkes Kabupaten Madiun Ahmad Yunta (Radar Madiun). Dari banyak faktor yang sudah disebutkan, faktor asmara akan selalu menyenangkan untuk didiskusikan.

Cah Cinta Ogh Depresi

Cinta adalah disaat kamu meniadakan dirimu, saat kamu yank-yankan dengan pacarmu yang ndak sepiro good looking itu, kamu akan meniadakan dirimu, menyisihkan waktu untuk yankmu, finansial untuk kekasihmu, bahkan selaput dara untuk lananganmu yang gatel itu. Saya cuma mau bilang cinta itu pengorbanan, tapi jauh dari pengorbanan, cinta adalah kesucian.

Depresi hanya untuk mereka yang berharap, bagi jiwa yang suci dan tulus, cinta tetaplah cinta, mencintai dengan hati yang suci tak akan berakhir dengan depresi, itulah cinta yang hakiki. Tak banyak yang mampu melakoni cinta suci. Sekarang, adanya cinta bersyarat, aku cinta kamu karena kamu good looking, wise, good rekening, rapi, dan tidak mendeman.

Penganut cinta suci yang sejati tak akan depresi, apalagi cemas berlebih. Mereka juga tidak akan memaksakan cinta, jika ikhtiar sudah maksimal dan hasilnya masih tak kelihatan, para penganut cinta sejati tak akan kehilangan cintanya kepada sosok yang ia cintai. Beruntunglah mereka yang melihat cinta tanpa syarat, cinta yo cinta, cinta ogh butuh alasan, seniman pora? budayawan pora?

Depresi Itu Tidak Sederhana 

Depresi adalah gangguan suasana hati yang serius dan mampu mempengaruhi  perilaku seseorang. Ini bukan sekadar perasaan sedih sementara, tetapi sebuah kondisi gangguan kesehatan mental yang berkelanjutan. Gejala depresi ini tak bisa kita anggap remeh, mereka yang teriak “cuma gitu aja, lemah!” adalah manusia yang baiknya dijejek ndase.

Generasi z dengan kehidupannya yang disruptif dan serba cepat, telah membawa mereka pada kondisi kompromistis dengan hidup (lebay), gampang ngeluh, dan butuh dipeluk. Mereka gampang lelah, capek, susah tidur, energi down, perasaan bersalah, putus asa, sulit konsentrasi, dan tersemat niat untuk bunuh diri. Depresi jika dibiarkan atau bahkan disepelekan, bisa menjadi masalah besar.

Depresi dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk faktor genetik, ketidakseimbangan kimia otak, stres, trauma, dan masalah kehidupan sehari-hari. Ini adalah gangguan yang serius dan memerlukan perhatian medis. Pengobatan depresi dapat mencakup terapi psikologis, obat-obatan, dukungan sosial, dan perubahan gaya hidup. 

Wisejaksono, kawan dekat saya yang kritis progresif, beramal sholeh, dan taqwa kepada Tuhan. Baru saja mengalami depresi, sampai sekarang dia adalah pasien rawat jalan. Tak pernah terbayangkan seorang Wisejaksono mengalami gangguan kesehatan mental, ia adalah nom-noman dengan kebiasaan hidup yang melawan, peduli dengan isu kontemporer. Eh, tapi jiwanya rapuh dan terganggu.

Untung saja dia sadar dan segera melaporkan kesehatan mentalnya ke puskesmas terdekat, ia dibimbing untuk mengisi beberapa kuisoner, jika parah akan dirujuk ke psikiater dan diberikan obat sambil terus diawasi via chat daring. Oh iya, Wisejaksono orang Madiun. Mungkin sebagian dari anda kaget kalau Madiun ada layanan cek kesehatan jiwa atau konsultasi skena mental health. Tapi ini beneran ada bos!.

Punk Adalah Solusi

Mana mungkin kaidah punk jadi tawaran solutif atas masalah kesehatan mental? sungguh pertanyaan yang bagus, mari kita buktikan bahwa punk adalah jawaban dari maraknya depresi anak muda Madiun. Menjadi punk adalah tentang ekspresi diri dan pemilihan gaya hidup yang do it  yourself. 

Satu dari banyak penyebab depresi adalah kegagalan manusia untuk mengenali diri sendiri. Anak punk adalah mereka yang “selesai dengan dirinya”, mereka independent, tahu bahwa jalanan adalah rumah yang ia pilih dengan sadar, dan kebanyakan anak punk masif melakukan gerakan sosial. Punk itu peduli dengan orang lain: humanis emansipatoris.

Menjadi anak punk adalah tentang mengekspresikan diri secara otentik dan menjalani hidup sesuai dengan prinsip yang dianggap penting. Punk itu punya nilai, prinsip, dan pijakan yang kokoh dalam bertindak maupun berpihak. Nah, Gen Z nih nggak punya, pegangan mereka cuma template capcut. Terombang-ambing tanpa tujuan dan pegangan yang jelas. Tak punya nilai hidup yang kokoh dan solid.

Anak punk adalah subkultur yang memiliki berbagai varian dan solid. Budaya punk sering mendorong rasa solidaritas dan dukungan satu sama lain, rasa semacam ini jika sudah menyatu dalam komunitas, akan memudahkan anggota untuk bercerita, entah itu tentang dirinya, masalah sosial, ataupun keputusan politik paa elite. Punk itu solid dan nampak setara, ini memudahkan kita untuk berkeluh kesah tanpa memikirkan kelas sosial.

Konsep punk dapat menjadi sumber dukungan yang kuat dalam mengatasi masalah kesehatan mental bagi anak muda. Contoh saja saat mengekspresikan emosi, anak punk punya banyak cara untuk mengekspresikan isi pikirannya, mengubah masalah yang ruwet dan menumpuk di kepala menjadi sebuah karya. Proses panjang membuat karya adalah proses manusia untuk mengaktualisasikan dirinyai.

Punk itu peduli dengan lingkungan dan orang sekitar. Aktivisme atau partisipasi dalam perjuangan sosial dapat memberikan tujuan bagi individu yang mungkin merasa terpuruk oleh masalah kesehatan mental. Melibatkan diri dalam aktivisme sosial dapat membantu mengubah fokus kita dari diri sendiri ke perubahan positif untuk masyarakat. Aktivisme membantu kita untuk menemukan kembali alasan hidup. 

Tidak semua orang cocok dengan budaya punk sebagai metode efektif untuk mengatasi masalah kesehatan mental. Namun, saat kalian mengalami masalah kesehatan mental, segera cari dukungan dari teman terdekat. Ingat! tidak ada solusi instan untuk masalah kesehatan mental. Punk hanyalah tawaran.