Dolopo "The Capital City of South Madiun”

SISKAPERBAPO

Kabupaten Madiun merupakan salah satu daerah yang terletak di Provinsi Jawa Timur bagian barat. Kabupaten Madiun sendiri memiliki wilayah geografis yang unik, dimana terletak pemisahan wilayah antara daerah bagian selatan dengan utara dengan wilayah utara yaitu Kecamatan Mejayan sebagai pusat pemerintahnnya.Hal ini dikarenakan ada pemisahan wilayah di tengah yaitu, Kota Madiun. Dalam bahasa geografis, wilayah demikian disebut dengan wilayah eksklave dimana terdapat wilayah diluar wilayah utama. Kalau melihat pembagian wilayah serupa yang ada di indonesia, banyak daerah yang memiliki pembagian wilayah serupa, contohnya Kabupaten Malang yang juga memiliki pembagian wilayah seperti Kabupaten Madiun. 

Kalau melihat perkembangan wilayah Kabupaten Madiun di bagian selatan, rasa-rasanya daerah tersebut juga tidak kalah pesat dalam perkembangan dari segi ekonomi, transportasi, kesehatan, dan pendidikan. Wilayah Kabupaten Madiun bagian selatan terdapat empat kecamatan yaitu, kecamatan Dolopo, kecamatan Kebonsari, kecamatan Dagangan, dan kecamatan Geger. Dari empat kecamatan tersebut menurut asumsi banyak masyarakat, wilayah kecamatan Dolopo yang merupakan kecamatan dengan tingkat perkembangan terpesat.

Kecamatan dolopo sendiri merupakan kecamatan yang letaknya berbatasan langsung dengan wilayah Kota Reog Kabupaten Ponorogo di sebelah selatan. Dimana kecamatan dolopo ini merupakan jalan raya utama penghubung antara kota Madiun dengan Kabupaten Ponorogo. Hampir semua kegiatan masyarakat di daerah Madiun selatan terpusat di kecamatan dolopo, hal ini bukan hanya sekedar asumsi kosong namun banyak alasan yang mendasari. Bisa di lihat bagaimana begitu ramainyamasyarakat Madiun selatan bila berbelanja di pasar dolopo, banyak masyarakat di luar wilayah kecamatan dolopo yang memasarkan produk dagangannya atau sekedar mencari barang yang dibutuhkan di pasar dolopo tersebut. Karena pasar dolopo merupakan pasar terbesar dan terlengkap di wilayah Madiun selatan. 

Selain itu di kecamatan Dolopo juga terdapat berbagai macam tempat untuk berwisata atau sekedar refreshing, yaitu terdapat tempat untuk berolahraga atau sekedar bersantai menikmati sore dengan berbagai jajanan ringan di lapangan bangunsari, juga terdapat tempat untuk refreshing dengan pemandangan hijau pegunungan di watu rumpuk, atau bisa juga menikmati keseruan berenang di salah satu waterboom terbesar di Madiun raya yaitu di wisata Umbul. Berbagai macam tempat wisata ditawarkan di wilayah kecamatan Dolopo ini, tidak kalah menarik dengan tempat wisatanya kecamatan Dolopo juga memiliki fasilitas kesehatan yang cukup modern dan besar yaitu RSUD Dolopo dan juga fasilitas pendidikan berlatar belakang pesantren maupun umum sampai tingkatan sekolah menengah atas (SMA).

Dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan di kecamatan Dolopo yang begitu lengkap atau bahkan hampir seperti daerah perkotaan, rasa-rasanya tepat bila Kecamatan Dolopo disebut sebagai “The capital city of south Madiun”. Bila mungkin pemerintah daerah Kabupaten Madiun atau Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan membuat rencana pemekaran di wilayah Kabupaten Madiun, mungkin wilayah tersebut bisa dibagi menjadi Kabupaten Madiun utara dengan Kabupaten Madiun Selatan. Pembagian wilayah ini bila dapat terealisasi bisa jadi merupakan sebuah kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Madiun Selatan, dimana banyak masyarakat Kabupaten Madiun di bagian selatan bila untuk mengurus administrasi harus menempuh jarak jauh ke wilayah Kecamatan Mejayan sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Madiun.

Dengan demikian jika ada realisasi pemekaran wilayah di Kabupaten Madiun, masyarakat daerah Kabupaten Madiun Selatan bisa lebih efisien dan tidak perlu menempuh jarak berkilo-kilo untuk mengurus administrasinya. Melihat kultur daerah Madiun selatan juga memiliki identitas tersendiri di bidang kuliner atau makanan, kalau daerah Kabupaten Madiun identik dengan makanan khas “Brem” yang notabene pusat pembuatannya berada di wilayah Madiun utara, Madiun selatan juga memiliki makanan khas yaitu “Kerupuk Terasi Ketawang” yang merupakan makanan kerupuk asli dari Desa Ketawang, Kecamatan Dolopo. Dengan kultur perbedaan budaya tersebut bisa menjadi salah satu pendukung kuat wilayah Madiun Selatan menjadi daerah administratif, yaitu Kabupaten Madiun Selatan dengah wilayah empat kecamatan yaitu, Kecamatan Kebonsari, kecamatan Dolopo, Kecamatan Geger, dan Kecamatan Wungu, Melihat jumlah wilayah dengan ke empat kecamatan tersebut sudah dapat mendukung Kabupaten Madiun Selatan menjadi daerah administratif dengan pusat pemerintahan di Kecamatan Dolopo. Dagangan atau mungkin juga Kecamatan Wungu. 


Penulis Rendra Prastyo Catur